Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Tindak Lanjuti Usulan Yusril
Friday, 14 December 2018
Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Tindak Lanjuti Usulan Yusril

JAKARTA, – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sudah menindaklanjuti saran Yusril Ihza Mahendra. Saran tersebut untuk membentuk tim hukum khusus bidang siber.

Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Ahmad Rofiq mengatakan, tim hukum yang dibentuk berada di Direktorat Hukum dan Advokasi tim kampanye. Dia yakin tim ini semakin memantapkan pola kerja untuk mengantisipasi serangan di dunia maya yang masuk dalam kategori etika dan pidana.

"Namun, TKN akan semakin memantapkan secara khusus agar cepat tanggap dalam merespons sekaligus mengantisipasi hal-hal terkait cyber crime," ujar Rofiq, Jumat (14/12/2018).

Menurutya, Direktorat Hukum dan Advokasi tim kampanye diisi oleh para ahli hukum, termasuk yang fokus di bidang siber. Maka, pihaknya semakin bekerja keras untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Direktorat ini bahkan diisi advokat yang terdiri lintas keahlian. Mulai dari pidana, perdata, cyber, dan lain-lain," katanya.

Yusril selaku kuasa hukum pasangan Jokowi-Ma'ruf mengusulkan dibentuknya tim kecil yang fokus menangani dugaan pelanggaran hukum kampanye pilpres di bidang siber. Usulan itu ditujukan kepada Direktorat Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma'ruf.

"Sekarang ini saya usulkan supaya direktorat hukum dan advokasi membuat tim kecil untuk menangangani hukum siber, hukum dunia maya. Karena potensi serangan baik etik dan pidana pada aspek ini terkait serangan-serangan hate speech, fitnah dan sebagainya," imbuh Yusril.

 

 

Source: iNews.id