Tren Kopi 2019, 3D Latte Art
Wednesday, 12 December 2018
Tren Kopi 2019, 3D Latte Art

JAKARTA - Minum kopi kini tak sekadar budaya, tetapi juga menjadi gaya hidup yang turut mengikuti perkembangan tren. Apalagi kini ragam kopi bermacam-macam, bukan cuma ada kopi hitam, cappucino, ataupun mocchachino.

 

Sebagaimana kuliner yang memiliki tren, kopi rupanya juga mengembangkan trennya tersendiri untuk 2019. Jika di tahun-tahun sebelumnya, es kopi susu sedang booming, lalu apa yang tren di tahun depan?

 

Yuk, simak informasinya seperti dirangkum iNews.id, Rabu (12/12/2018).

 

3D Latte Art

 

Latte art merupakan sebuah seni untuk menyajikan kopi dengan pola dan desain di permukaan kopi. "Latte art itu biasanya diterapkan di latte, cappuccino, atau mochachino," kata Ajie Subekti, Barista di Koelaccino, Terasa Cafe, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa 11 Desember 2018. Menurut dia, tren kopi sendiri salah satunya adalah bentuk latte art yang berkembang ke bentuk 3D.

 

Jika latte art biasanya berbentuk love, rosetta (tulip), dan swan (angsa), 3D latte art ini bisa berbentuk kucing atau beruang yang seolah-olah keluar dari cangkir kopi. Namun untuk membentuk 3D latte art membutuhkan foam yang lebih banyak sehingga mudah dibentuk.

 

Es Kopi Susu + Rasa Baru

 

Jika di tahun-tahun lalu es kopi susu atau sajian es kopi dicampurkan susu dan gula aren sedang booming, untuk 2019 diperkirakan kehadiran es kopi susu semakin banyak dengan varian tertentu. "Menurut saya, es kopi susu masih akan tren, karena sekarang banyak franchise es kopi susu yang buka. Tetapi sekarang ini es kopi susu juga banyak varian," kata Ajie.

 

Varian rasa yang dimaksud menurut Ajie adalah tambahan cheese atau keju, serta avocado atau alpukat, yang kini banyak restoran menyajikan avocado coffee.

 

Kopi Aceh

 

Sementara itu bagi penikmat kopi yang tak terlalu menyukai rasa manis campuran pada kopi seperti gula, susu, keju, dan campuran lainnya, ada pilihan lain yaitu kopi Aceh. Sebab, Vice President Indonesian Chef Association (ICA) Hendri Syamsul mengungkapkan bahwa kuliner Aceh akan booming di 2019, yang mana kopi Aceh menjadi salah satunya.

 

Tepatnya adalah kopi gayo Aceh yang terkenal serta kopi sanger, atau campuran kopi arabika Aceh dengan sedikit susu. Nah, jadi kopi mana yang akan menjadi favorit Anda?

 

Editor : Tuty Ocktaviany

Source : iNews