Destinasi Wisata Alam Kekinian Purwokerto
Sunday, 09 December 2018
Destinasi Wisata Alam Kekinian Purwokerto
Telaga Sunyi by @arifdollbf

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan mancanegara jika berkunjung ke daerah Banyumas, Jawa Tengah. Banyaknya tempat wisata seperti pantai, telaga, curug dan wisata alam lainnya memiliki daya tarik tersendiri dimata para wisatawan. Terutama di daerah Purwokerto beberapa tahun ini.

Salah satu kota di provinsi Jawa Tengah ini dikenal memiliki tempat wisata alam yang cukup unik. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa wisata alam yang akan dibahas kali ini merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di beberapa wilayah yang ada di Purwokerto,

 

Curug Gede

Curug gede memiliki aliran air terjun setinggi 50 meter dengan debit air yang cukup deras. Dibawah aliran air terjun ini terdapat kolam yang dangkal yang dapat dijadikan tempat bermain air dan berenang wisatawan.

Lokasi Curug Gede ini berada di Ketenger, yaitu di lembah atau dibawah bukit sekitar Baturraden yang menyebabkan wisatawan harus melewati berbagai macam rintangan. Namun selama perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam lingkungan alam yang menyegarkan dan beberapa jalur menuju curug lainnya yang tidak kalah menarik.

Sumber; internet

 

Curug Bayan

Bila Curug Gede terlalu jauh dari pemukiman warga dan kurang cocok untuk liburan keluarga, maka berbeda dengan Curug Bayan yang dekat dengan beberapa villa dan cottage tempat penginapan. Lokasi Curug Bayan di Ketenger ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur wisatawan bersama dengan keluarga.

Untuk kedalaman Curug Bayan relatif aman, aliran air terjun curug ini cukup pendek dengan debit air yang tidak terlalu deras dapat digunakan berenang bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Sumber; Curug Bayan by @dianitipraja

 

Curug Gomblang

Curug ini berada di daerah Kalisalak, Kedungbanteng.  Keunikan nama curug ini berada didasar kolam air terjun karena terkadang terdapat pusaran air misterius yang muncul. Sebenarnya pusaran air ini terbentuk karena dalamnya kolam dibawah air terjun dan terdapatnya gua bawah air yang akan menyambung keatas dimana terdapat udara juga didaamnya. Maka dar itu, untuk wisatawan yang baru datang dilarang berenang hingga ke area dasar kolam.

Sumber; Curug Gomblang by @chepybennington

 

Telaga Sunyi

Telaga ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Purwokerto. Telaga Sunyi ini bersumber dari mata air Gunung Slamet. Airnya begitu jernih dan sejuk sampai warnanya terlihat kebiruan ini relatif aman untuk diminum langsung karena masih dekat dengan mata air sehingga belum tercemar polutan. Bagian dasar kolam sedalam lima meter pun dapat terlihat jelas dengan mata telanjang.

Telaga ini memang sunyi. Telaga yang tenang dan kucuran air terjun menjadikan suasana yang syahdu dan cocok untuk melepas penat dan pikiran.

Sumber; Telaga Sunyi by @arifdollbf

Inilah beberapa tempat wisata alam yang wajib dikunjungi jika wisatawan pergi ke Purwokerto. Terutama oleh para traveler kekinian dan penggila wisata alam gratis, lokasi wisata diatas benar-benar lokasi yang menyenangkan dan menarik untuk ditelusuri.

[KSF]