Donald Trump Akan Penuhi Keinginan Kim Jong Un, tapi...
Monday, 03 December 2018
Donald Trump Akan Penuhi Keinginan Kim Jong Un, tapi...

SEOUL - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan memenuni permintaan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un hanya jika negara itu sudah melucuti senjata nuklirnya.

 

Pernyataan itu disampaikan Trump kepada Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In saat mereka bertemu di KTT G-20 di Buenos Aires, Argentina, Minggu (2/12/2018).

 

"Pesannya bahwa Presiden Trump punya pandangan yang sangat bersahabat dengan pemimpin Kim dan dia menyukainya. Jadi, dia (Trump) berharap pemimpin Kim mau mengimplementasikan sisa dari kesepakatan mereka dan dia akan memenuhi keinginan pemimpin Kim menjadi kenyataan," kata Moon, dikutip dari AFP, Senin (3/12/2018).

 

Sebelumnya Trump berharap bisa bertemu kembali dengan Kim untuk kedua kalinya pada awal 2019. Keduanya pernah bertemu pada 12 Juni 2018 di Singapura, menghasilkan kesepakatan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

 

Namun implementasi dari kesepakatan denuklirisasi pascapertemuan Singapura jalan di tempat. Trump dan Kim punya keinginan masing-masing. AS ingin Korut melucuti senjata nuklirnya secara menyeluruh terlebih dulu, sedangkan Korut ingin Negeri Paman Sam mencabut sanksi atas negaranya dulu.

 

"Kami bergaul dengan sangat baik. Kami memiliki hubungan yang baik," kata Trump.

 

Soal lokasi pertemuan, Trump belum bisa memastikan. Tapi saat jurnalis bertanya soal kemungkinan lokasinya di AS, Trump juga berharap demikian.

 

"Pada titik tertentu, iya," katanya.

 

Source : iNews.id