Ada Reuni Alumni 212, CFD pada 2 Desember Hanya di Jalan Sudirman
Friday, 30 November 2018
Ada Reuni Alumni 212, CFD pada 2 Desember Hanya di Jalan Sudirman

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tak meliburkan kegiatan Car Free Day (CFD) pada Minggu, 2 Desember 2018. Padahal di hari yang sama sedang berlangsung reuni alumni 212 yang dilaksanakan di Monas, Jakarta Pusat.

 

Plt Kadishub DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko menjelaskan, setelah melakukan komunikasi dengan aparat kepolisian, diputuskan bahwa kegiatan hari bebas berkendara itu hanya berlangsung di ruas Jalan Jenderal Sudirman.

 

"Kan CFD itu dari Bundaran Senayan sampai simpang Indosat. Nah hasil konferensi dengan kepolisian, masyarakat yang melaksanakan tetap CFD tapi di ruas Jalan Jenderal Sudirman," kata Sigit saat dihubungi, Jumat (30/11/2018).

 

Ia menambahkan, masyarakat yang melaksanakan aktivitas CFD hanya diizinkan sampai Hotel Pullman. Setelah melewati kawasan itu, maka sudah tidak memasuki area bebas berkendara.

 

"Jadi hanya ruas Sudirman dari mulai Bundaran Senayan sampai daerah sekitar Hotel Pullman. Artinya dari Sarinah ke utara lah yang dekat CFD, sisanya natural," ujarnya.

 

Lebih lanjut ia menerangkan, pihaknya akan menerjunkan petugas sebanyak 350 personel. Hal itu untuk membantu aparat kepolisian dalam mengatur lalu lintas di sana.

 

"Personel kita 350 sesuai dengan permohonan dari Polda ya," pungkasnya.

 

Aksi reuni 212 itu diselenggarakan oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212. Mereka memperingati acara itu sebagai lahirnya aksi Bela Islam pada Desember 2017 silam, yang menuntut Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk segera dipenjara.

 

Aksi itu digelar hingga berjilid-jilid, menjelang Pilgub DKI Jakarta, mereka menuntut agar Ahok dipenjara dengan tuduhan menistakan agama Islam memalui pidatonya di Kepulauan Seribu yang menyadur surah Al-Maidah Ayat 51.

 

Source : Okezone