Amien Rais Akan Jewer Haidar Nashir, PSI: Mungkin Dia Lupa dengan Muhammadiyah
Thursday, 22 November 2018
Amien Rais Akan Jewer Haidar Nashir, PSI: Mungkin Dia Lupa dengan Muhammadiyah

JAKARTA - Pernyataan Amien Rais yang akan menjewer Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir apabila membebaskan pilihan warganya di Pilpres 2019 menuai kritik dari Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni.

Sebagai orang yang pernah menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Raja mengaku tahu betul karakter kepemimpinan Haedar Nashir di organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan tersebut.

 

"Beliaulah yang merumuskan pembaharuan dan perjuangan Muhammadiyah, yang menegaskan menjaga jarak yang sama, kedekatan yang sama dengan partai politik," kata Raja di saat mendampingi Ketua Umumnya Grace Natalie di Polda Metro Jaya, Kamis (22/11/2018).

 

Raja mengatakan, semua kader dipastikan sudah paham betul bahwa Muhammadiyah memilik semangat khittah yang digagas dalam Muktamar Muhammadiyah tahun 1971 silam di Makassar. Sebagai ormas Islam tidak terikat dan menjaga jarak yang sama dengan semua partai politik.

Raja justru mempertanyakan ancaman Amien Rais yang akan menjewer Haedar Nashir. "Kalau ada senior yang ingin menjewer Pak Haedar Nashir, saya kira mungkin beliau lupa dengan Muhammadiyah, sudah terlalu lama bergabung di partai politik," tegasnya.

 

 

Sebelumnya diberitakan, Amien Rais selaku Penasihat PP Muhammadiyah mengatakan akan menjewer Haedar Nashir jika organisasinya tidak bersikap pada Pilpres 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Amien Rais saat Tablig Akbar dan Resepsi Milad ke-106 Masehi Muhammadiyah yang diselenggarakan di Islamic Center Surabaya, Jawa Timur.

"Di tahun politik, tidak boleh seorang Haedar Nashir memilih menyerahkan ke kader untuk menentukan sikapnya di pilres. Kalau sampai seperti itu, akan saya jewer," ujar Amien Rais.

 

Source: okezone