Anies Akan Bangun Kembali Rumah Warga yang Amblas di Jakarta Utara
Tuesday, 20 November 2018
Anies Akan Bangun Kembali Rumah Warga yang Amblas di Jakarta Utara

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan kembali membangun sejumlah rumah warga yang amblas akibat tanah longsor di wilayah Pademangan, Kelurahan Ancol, Jakarta Utara.

"Ada delapan Kepala Keluarga (KK) yang tinggal disini yang rumahnya sekarang tidak aman, mereka mengungsi, kita akan membangunkan kembali rumahnya supaya mereka bisa menempati yang sama," kata Anies di lokasi, Selasa, (20/11/2028).

Anies mengatakan, pihaknya akan mengkaji apa yang menjadi sebab amblasnya tanah tersebut. Sebab katanya, ada berbagai macam informasi yang telah didapat terkait hal itu sehingga perlu dikaji secara lengkap.

"Karena salah satu penyebab di tempat ini tadi ada banyak versi ceritanya, biar nanti masing-masing versi cerita. Misal soal pohon, soal pengerukan, soal air yang tergerus, apapun sebabnya kita harus periksa dan pastikan tidak terulang lagi," tuturnya.

Anies mengungkapkan, lokasi amblesnya rumah warga memang beresiko. Bahkan dalam kunjungannya itu Ia mendapati aliran air yang tidak memiliki muara sehingga lambat laun mengikis permukaan tanah.

"Di tempat ini ada saluran air yang enggak ada muaranya, saya barusan bicara sama pak RT enggak bisa dibiarkan begitu, karena ini sedikit demi sedikit menggrogoti tanah yang ada di sekitar itu dan efeknya kejadian seperti ini," paparnya

Untuk itu kedepan pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap keseluruhan daerah aliran sungai di kawasan tersebut guna memastikan keamanan warga.

"Itu disebelah situ banyak sekali tempat tempat aliran air tapi tidak ada pipanya, salurannya, nah ini akan kita periksa semuanya," tukasnya.

 

Source: okezone