Mensos Ajak Pendamping Sosial Bersemangat Membantu Pemerintah Turunkan Angka Kemiskinan
Thursday, 08 November 2018
Mensos Ajak Pendamping Sosial Bersemangat Membantu Pemerintah Turunkan Angka Kemiskinan

Surabaya - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak pendamping sosial lebih bersemangat dalam menjalankan tugasnya, karena tantangan di masa depan semakin berat dn tidak mudah. 

" Semua harus tetap bersemangat dan berkomiten bahwa yang dilakukan bisa membantu masyarakat dan saudara kita semakin sejahtera " tutur Agus Gumiwang Kartasasmita saat memberi pembekalan pada bimbingan teknis penguatan kapasitas pendamping bansos pangam dan bimbingan teknis pendampingan sosial kelompok usaha bersama bedah kemiskinan rakyat sejahtera 2018 di Surabaya.

Tidak mudahnya tugas para pendamping menurut Mensos Agus Gumiwang tidak lepas dari target pemerintah untuk terus menurunkan angka kemiskinan, yang diharapkan akan berada di bawah 9,5 persen pada penghujung 2019.

" Data dari Badan Pusat Statistik ( BPS ) di bulan Maret 2018, angka kemiskinan di Indonesia berada di bawah 10 persen atau tepatnya 9,8 persen sehingga tetap harus semakin ditingkatkan kinerja pendamping agar angkanya makin turun " ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Mensos optimis target yang dibebankan akan terlampaui dengan modal dan tekad kuat serta disiplin dan memiliko komitmen besar untuk melakukannya. Sementara itu terkait digelarnya bimbingan teknis di Surabaya, Agus berharap akan mampu saling memberikan masukan dan perbaikan pekerjaan dilapangan.

" Dari bimtek ini juga dilakukan kegiatan antara lain program pemberdayaan sebagai upaya pengurangan angka kemiskinan " ujarnya.

Dalam kunjungan singkatnya di Surabaya mantan anggota DPR RI tersebut menyempatkan diri berswafoto dan menyalami ribuan pendamping yang berasal dari sejumlah provinsi di tanah air. Peserta pun juga merespon dengan membopong Mensos sambil meneriakkan yel yel penyemangat mereka.

Acara Mensos tersebut sempat terancam batal karena terkendala cuaca saat akan terbang dari Yogyakarta menuju Surabaya. Sempat para pendamping Mensos menyarankan untuk di agendakan ulang dan kembali ke Jakarta.

" Tapi saya putuskan untuk tetap ke Surabaya dan bertemu teman teman pendamping meski hanya sebentar. Pertemuan ini memberikan semangat untuk saya agar lebih bekerja keras dan termotivasi dalam mewujudkan keinginan pemerintah menurunkan angka kemiskinan" pungkas Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita. ( Wan)