Berenang di Kolam Cinta Candi Liyangan, Situs Purbakala Mataram Kuno
Friday, 19 October 2018
Berenang di Kolam Cinta Candi Liyangan, Situs Purbakala Mataram Kuno

JAKARTA, iNews.id - Selalu ada saja tempat menarik di Yogyakarta untuk dijelajahi. Pegunungan, pantai, hingga bangunan sejarah yang terlihat ikonik memiliki daya pikatnya tersendiri.

 

Salah satu bangunan sejarah yang dapat dikunjungi ketika berada di Yogyakarta adalah Candi Liyangan. Ini merupakan situs purbakala yang kokoh berdiri hingga kini.

 

Candi Liyangan berada di kawasan permukiman, lereng timur Gunung Sundoro, tepatnya di Dusun Liyangan, Desa Purbasari, Kecamatan Ngadirejo. Lokasi ini berjarak sekitar 20 kilometer arah barat laut dari Kota Temanggung, Jawa Tengah.

 

Diperkirakan, situs yang berasal dari abad ke-6 Masehi ini merupakan perkampungan kuno yang mengembangkan sistem pertanian dan pengairan. Situs ini berada tepat di bawah jalur aliran lahar panas Gunung Sindoro yang membuat terkubur di bawah material vulkanik sedalam 10-12 meter.

 

 

"Nama tempat ini Situs Liyangan, ditemukan pada 2008. Penemuan pertama yaitu berupa Talud, Yoni, Arca, batu-batu candi dan rumah panggung yang hangus terbakar, namun masih kokoh berdiri. Menurut Balai Arkeologi Yogyakarta, situs ini merupakan sebuah kompleks Perumahan Kerajaan Mataram yang kemudian tertimbun lahar dari Gunung Sindoro. Jika sahabat berkunjung ke situs ini, boleh dicoba berendam di Kolam Cinta, airnya dingin dan segar," tulis Instagram@Indoflashlight dikutip, Jumat (19/10/2018).

 

Awal mula permukiman kuno ini ditemukan oleh seorang penambang batu pada 2008. Mereka tidak menyadari apa yang ditemukan saat itu merupakan warisan peradaban penting masa Mataram kuno. Kemudian, tahun berikutnya tempat ini menjadi perhatian para ahli kepurbakalaan.

 

Segala macam peninggalan ditemukan, seperti bangunan talud, candi, bekas rumah kayu-bambu, struktur bangunan batu, lampu dari bahan tanah liat, tembikar, dan lainnya.Berada di situs ini, Anda dapat menikmati kemegahan peradaban Kerajaan Mataram Kuno. Selain itu, situs ini memiliki objek wisata kolam cinta. Ini merupakan kolam renang alam yang menawarkan kesegaran mata air pegunungan Sindoro.

 

Dinamakan kolam cinta karena bentuknya mirip hati. Untuk mencapai kolam cinta, traveler harus menuruni anak tanga yang terbuat dari tanah. Letaknya berada lebih rendah dibanding situs Candi Liyangan. Berenang di sini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan situs purbakala dan keindahan Gunung Sindoro yang memesona.

 

Source : iNews.id