Hari Cuci Tangan Sedunia, Yuk Cegah Penyakit dengan Jaga Kebersihan
Monday, 15 October 2018
Hari Cuci Tangan Sedunia, Yuk Cegah Penyakit dengan Jaga Kebersihan

JAKARTA, iNews.id - Di Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day (GHD) 2018, kita diingatkan lagi betapa pentingnya menjaga kebersihan tangan sebagai langkah preventif untuk mencegah penyakit. Apalagi penyakit infeksi yang mudah menular melalui tangan.

 

Sebab, menurut Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia Dr Kuntjoro Adi Purjanto, tangan yang kotor merupakan sumber penyakit, terutama penyakit infeksi dan mudah menular.

 

"Penularan penyakit ternyata itu dari tangan. Saya sendiri meyakini, kalau cuci tangan harus dengan air mengalir dan sabun. Tangan yang kotor menyebabkan penyakit-penyakit, apa saja. Bahkan, penularan tertinggi untuk penyakit infeksi itu ada di tangan," tutur Kuntjoro saat mengikuti rangkaian acara Gabung Aksi Indonesia Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SDN Rawa Barat 05, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).

 

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum makan atau setelah menggunakan toilet, menghentikan penyebaran kuman penyebab penyakit. Apalagi, kata dr Kuntjoro, jika memakai sabun yang mengandung antiseptik.

 

Sementara itu, Kepala sub Direktorat Usia Sekolah dan Remaja dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI drg. Wara Pertiwi Osing mengatakan, pentingnya anak-anak menerapkan perilaku sehat dengan mencuci tangan sebelum makan.

 

"Cuci tangan pakai sabun, walaupun kegiatan sederhana, tapi berdampak sangat signifikan sekali terhadap pencegahan, bahkan penularan penyakit," kata Wara di kesempatan yang sama.

 

Kegiatan sederhana ini, kata dia, penting diterapkan pada masyarakat di semua usia. Terutama mengajarkan perilaku hidup sehat ini pada anak-anak sedini mungkin.

 

Hari Cuci Tangan Global Sedunia didirikan oleh Global Handwashing Partnership pada 2008 untuk membantu komunitas, advokasi, dan pemerintah menyebarkan berita tentang penting mencuci tangan dengan sabun.

 

Pasalnya, tangan adalah pembawa kuman terbanyak yang menyebabkan diare dan infeksi pernapasan seperti pneumonia. Cuci tangan dengan sabun, dapat mengurangi terjadinya diare hingga hampir 50 persen dan infeksi pernapasan sebesar 25 persen di antara anak-anak di bawah lima tahun.

 

Source : iNews.id