Selalu Gunakan Alas Kaki di Tempat Gym, Jika Tidak, Penyakit Kulit Menghantui Anda!
Monday, 03 September 2018
Selalu Gunakan Alas Kaki di Tempat Gym, Jika Tidak, Penyakit Kulit Menghantui Anda!

OLAHRAGA penting bagi kesehatan tubuh. Selain dapat menyegarkan tubuh juga dapat membentuk tubuh yang ideal.

 

Banyak orang memilih gym sebagai solusinya. Bagi Anda yang sering melakukan gym, hal ini penting untuk Anda ingat. Jangan pernah lupa untuk memakai alas kaki pada saat Anda melakukan gym, termasuk pada saat di kamar mandi. Para ahli mengatakan ada sejumlah infeksi dan masalah kesehatan yang tidak diinginkan yang mengintai Anda.

 

Dilansir Okezone dari Bustle, Senin (3/8/2018), menurut seorang professor mikrobiologi di Universitas Arizona, Amerika Serikat, Charles Gerba, Ph.D., melakukan penelitian untuk Zoono GermFree24 Hand Sanitizer, bahwa pusat kebugaran menjadi "hotspot" untuk kuman dan infeksi berkembang.

 

Sebagaimana yang dilaporkan SELF pada tahun 2016, sebuah penelitian yang dilakukan oleh FitRated menemukan bahwa sebagian besar peralatan olahraga di tempat gym memiliki lebih banyak bakteri di dalamnya daripada tempat duduk toilet. Selain itu, studi ini mengungkapkan keran dan kamar mandi juga positif terdapat bakteri berbahaya yang menyebabkan segala sesuatu seperti flu. Bayangkan jika itu terdapat pada lantai setiap gym dan tidak menggunakan alas kaki, Anda akan rentan terhadap berbagai penyakit jamur.

 

"Kaki telanjang kaki Anda sangat rentan terhadap penyakit jamur terutama di kamar mandi (gym)", kata Dr Gerba,termasuk masalah kutil plantar.

 

Menurut Mayo Clinic, kutil plantar kasar yang akan muncul di bagian bawah kaki Anda, disebabkan oleh beberapa strain HPV. Meskipun bisa diobeati dengan obat bebas di apotek (atau tidak sama sekali), kutil plantar dapat menyebabkan beberapa orang sakit.

 

Menurut Healthline masalah kutil tidak terlalu serius tetapi kadang sulit untuk disembuhkan. Beberapa gejalanya termasuk gatal, bersisik, kulit sakit, melepuh, bengkak, dan ruam di antara jari-jari kaki. Dalam beberapa kasus, jika tidak diobati kutil dapat menyebar ke kuku jari kaki bahkan tangan. Ada banyak obat resep dan obat bebas yang dapat direkomendasikan untuk dokter kaki.

 

Masalah jamur kaki tidak terlalu menghawatirkan. Tetapi yang paling menghawatirkan adalah jika Anda tidak mengenakan alas kaki saat ke kamar ganti, Anda bisa terkena Staph yang berbahaya. Dr. Gerba menjelaskan, "MRSA, atau" Staphylococcus aureus resisten-methicillin, sejenis infeksi staph yang resisten atau tahan terhadap antibiotik yang biasa digunakan, bakteri yang menyebabkan infeksi di berbagai bagian tubuh ini sering ditemukan dipusat kebugaran, terutama di kamar mandi.

 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, MRSA dapat menyebabkan masalah kulit, pneumonia, demam tinggi, dan bahkan sepsis (pembusukan). Lebih lanjut, infeksi ini mungkin fatal jika tidak diobati. MRSA pada kaki terlihat seperti jerawat pada awalnya. Lama kelamaan benjolan ini akan membengkak. "Gejala infeksi bisa ringan, tetapi sangat menyakitkan. Meskipun tidak khas, kadang-kadang bisa masuk ke aliran darah, dan membuat orang sangat sakit,” jelas Dr Gerba.

 

Memakai alas kaki pada saat pergi ke kamar mandi gym sangat penting. Walaupun jika Anda hanya ingin berkumur setelah latihan. Jika Anda ingin memastikan untuk menghindari bahaya terinfeksi bakteri, selalu ingat untuk memakakai alas kaki pada saat gym.

 

(Firda Janati/rzy-okezone.com)