Aqsa Sutan Aswar, Atlet Jetski Peraih Medali Emas di Asian Games 2018 yang Sudah Suka Olahraga Air sejak Kecil
Thursday, 30 August 2018
Aqsa Sutan Aswar, Atlet Jetski Peraih Medali Emas di Asian Games 2018 yang Sudah Suka Olahraga Air sejak Kecil

JAKARTA – Nama Aqsa Sutan Aswar mungkin saat ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi para penikmat olahraga air. Pasalnya, Aqsa adalah adalah atlet jetski yang mampu meraih medali emas untuk Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Medali emas itu didapatkan Aqsa kala turun di cabang olahraga (cabor) jetski nomor endurance runabout open yang berlangsung di kawasan Pantai Ancol, Jakarta, pada Minggu 26 Agustus 2018. Kemampuannya yang sangat ahli mengemudikan jetski tersebut membuat dirinya tampil tercepat sehingga wajar saja Aqsa mendapatkan medali emas.

BERITA TERKAIT+

frame frameborder="0" height="1" id="google_ads_iframe_/7108725/Desktop-Detail-Parallax_0" name="google_ads_iframe_/7108725/Desktop-Detail-Parallax_0" scrolling="no" title="3rd party ad content" width="1">

Kemampuannya dalam olahraga air itu mulai terlihat sejak Aqsa masih berusia sangat muda. Tepatnya sejak sang ayah, Saiful Sutan Aswar, membuat Aqsa dan kakaknya, Aero Sutan Aswar, memperkenalkan serta mengajarkan untuk mencintai laut. Padahal pada saat itu Aqsa masih berusia empat tahun.

BACA JUGA: Indonesia Pecahkan Rekor Sebagai Negara Asia Tenggara dengan Koleksi Medali Emas Terbanyak Sepanjang Sejarah Asian Games

Tak hanya mengajarkan untuk mencintai laut saja, namun Saiful jugalah yang mengajarkan Aqsa dan Aero olahraga jetski. Aqsa pun mulai menyukai olahraga air tersebut, hingga pada akhirnya ia semakin menekuninya.

Awal mula Aqsa serius menekuni jetski ketika usianya menginjak 14 tahun. Tidak main-main, kompetisi pertama yang diikuti Aqsa berada di Kanada, tepatnya pada ajang Canadian Watercross Nationals. Di kompetisi pertamanya itu, Aqsa mampu keluar sebagai pemenang pada kategori pro runabout limited dam expert runabout limited.

Sejak menjuarai kompetisi pertamanya itu, karier Aqsa di dunia jetski pun semakin berkembang. Berbagai prestasi mampu ditorehkan oleh pemuda berusia 21 tahun itu di kancah internasional.

Karena prestasi-prestasi itulah, Aqsa pun dipercaya untuk membela Indonesia di ajang Asian Games 2018. Kepercayaan itu pun mampu dibalaskan dengan sangat baik oleh Aqsa. Bagaimana tidak, selain berhasil menyumbangkan satu medali emas, Aqsa juga mempersembahkan perunggu di nomor runabout limited.

(Sumber :Okezone.com)