Bukan Daging, Smooked Beef Menggugah Selera Ini Terbuat dari Semangka
Wednesday, 08 August 2018
Bukan Daging, Smooked Beef Menggugah Selera Ini Terbuat dari Semangka

JANGAN pernah menilai sesuatu hanya dari tampilan luarnya saja, alias ungkapan "don't judge book by its cover' pasti sudah sangat familiar terdengar oleh telinga kita sejak lama.

Ungkapan di atas, penerapannya bukan hanya soal tampilan gaya visual seseorang. Akan tetapi juga bisa diaplikasikan terhadap tampilan sebuah sajian hidangan.

Tak percaya? Tengok saja sajian hidangan makanan satu ini, yang secara kasat mata terlihat tak ubahnya seperti sajian daging asap yang juicy, lezat, renyah di bagian luarnya namun lembut di bagian daging dalamnya.

Eits! Jangan salah kira! Sebab, sajian yang tampak seperti smoked ham ini ternyata bukan hidangan daging-dagingan, melainkan buah, tepatnya buah semangka yang diolah menjadi semangka asap.

Ialah sebuah restoran daging asap di New York, Ducks Eatery, yang diketahui memiliki ide untuk menampilkan hidangan unik satu ini. Alih-alih hanya menyajikan sajian daging asap biasa, Ducks Eatery disebutkan memutuskan menghadirkan menu sajian ramah untuk orang-orang vegetarian dengan menyediakan hidangan buah semangka asap. Walau dibuat dari buah semangka, namun jangan salah soal tampilan luar, semangka asap ini tak ubahnya bak daging asap yang gurih dan smokey alias punya rasa terbakar api yang khas.

Dikatakan lebih lanjut, untuk membuat semangka asap tersebut proses pembuatannya pertama diawali dengan mengasapi semangka selama kurang lebih delapan jam lamanya. Setelah diasap selama delapan jam, semangka melalui proses marinasi bumbu dengan dimasukkan dimasukan ke dalam air bumbu yang terdiri dari campuran garam, abu dan rempah-rempah selama empat hari lamanya. Baru kemudian, diasapi selama delapan jam sebelum ditempatkan dalam panci lalu diberi rosemary, dengan jus daging yang memperkuat rasa dari semangka asap, seperti dilapor Metro, Rabu (8/8/2018).

Bagaimana soal rasa? Well, seorang YouTuber, Jeremy Jacobwitzan, diketahui sudah menjajal sajian semangka asap ini. Dalam tayangan video, ia menyebutkan sewaktu ia memakan semangka asap itu, ia sendiri tidak mengetahui dengan jelas apa yang baru saja ia makan. Namun ia menjelaskan, rasa hidangan yang baru saja ia makan tersebut punya rasa yang lezat dan memang membuat kagum sebab terpikirkan rasa daging dan rasa asap dari hidangan daging asap biasa, akan tetapi pada akhirnya tersadar ada rasa manis khas dari buah semangka.

Terlihat dari komentar di video tersebut, sejauh ini opini masyarakat umum masih terbagi, di mana sebagian orang merasa hidangan ala vegetarian sudah berlebihan, namun sebagian orang tetap juga merasa penasaran untuk mencicipi seperti apa rasa semangka asap tersebut.

(ndr)