Tekan Jumlah Penderita Bibir Sumbing, MNC Peduli Gandeng RS Rama Hadi Purwakarta
Friday, 27 July 2018
Tekan Jumlah Penderita Bibir Sumbing, MNC Peduli Gandeng RS Rama Hadi Purwakarta

PURWAKARTA - PT Media Nusantara Citra (MNC) Group, kerap melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial guna mengakomodir kebutuhan masyarakat. Salah satunya, melalui program MNC Peduli guna menekan jumlah penderita bibir sumbing.

Seperti yang digelar di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barar, MNC Peduli menggandeng Rumah Sakit Rama Hadi Purwakarta untuk memberikan bantuan operasi gratis bibir sumbing. Dalam kegiatan ini, ada sebanyak 10 pasien yang siap dilakukan tindakan operasi. Mayoritas, pasiennya merupakan balita.

Para pasien ini, merupakan warga dari sejumlah kabupaten di Jawa Barat. Untuk hari pertama, pihak Rumah Sakit Rama Hadi menindak dua balita penderita bibir sumbing. Seorang dokter spesialis bedah mulut dan dokter anestesi disiapkan guna menangani pasien tersebut.

"Yang sudah terdaftar dan siap dilakukan penindakan operasi ini, ada 10 pasien. Namun, untuk hari pertama ini dua pasien terlebih dahulu. Kami akan tangani semua secara bertahap, "ungkap Direktur Rumah Sakit Rama Hadi, Novi Christina kepada Okezone, Jumat (27/7/2018).

MNC Peduli Gandeng RS Rama Hadi Purwakarta Melakukan Operasi Gratis Bibir Sumbing (foto: Mulyana/Okezone) 

Dia pun cukup mengapresiasi kerjasama dengan MNC Peduli dalam upaya menekan jumlah penderita bibir sumbing ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini secara tidak langsung dapat meringankan beban pasien. Karena, kepada mereka tak dikenakan biaya alias gratis.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, bila ada anggota keluarganya menderita bibir sumbing bisa datang ke Rumah Sakit Ramahadi untuk mendapat penindakan operasi dan tentunya gratis.

Menurut Novi, semakin dini pasien ini mendapat tindakan medis, hasilnya semakin bagus. Karena, kalau terlambat mendapat penanganan dikhawatirkan malah berdampak pada psikologis penderita itu sendiri.

Novi menjelaskan, bibir sumbing merupakan cacat akibat kelainan deformitas kongenital yang disebabkan kelainan perkembangan wajah selama gestasi.

Sumbing dapat terjadi pada bibir, langit-langit mulut (palatum), ataupun pada keduanya. Sumbing pada bibir, disebut cheiloschisis. Sedangkan, sumbing pada langit-langit mulut disebut palatoschisis. Salah satu penanganan sumbing adalah dengan cara operasi.

Sementara itu, salah satu keluarga pasien bibir sumbing yang hari ini mendapat tindakan medis adalah Gahrul Syafei (31). Dia datang bersama istri dan anak balitanya atas nama Al Vikrilah yang menderita sumbing pada bibirnya.

MNC Peduli Gandeng RS Rama Hadi Purwakarta Melakukan Operasi Gratis Bibir Sumbing (foto: Mulyana/Okezone) 

Warga Desa Kedawung, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang itu bercerita, awalnya dia mengetahui adanya program operasi bibir sumbing dari tayangan MNC TV. Begitu mengetahuinya, dia langsung berinisiatif berkomunikasi dengan kepala desa setempat dan pada akhirnya mendaftar ke Rumah Sakit Ramahadi, Purwakarta.

"Penanganan kepada anak saya sebenarnya agak terlambat. Seharusnya dioperasi saat dia berusia 6 bulan. Tapi waktu itu sering sakit-sakitan dan tidak ada. Alhamdulillah dengan MNC Peduli kami jadi terbantu dan mudah-mudahan anak saya kembali normal setelah dioperasi, " ujar Gahrul singkat.

(fid)