Wisatawan Kuliner Membeludak, Kemenpar Siapkan Paket Wisata Ini
Friday, 25 May 2018
Wisatawan Kuliner Membeludak, Kemenpar Siapkan Paket Wisata Ini

INDONESIA kaya akan tempat wisata serta aneka kuliner daerah yang menarik. Terbukti banyak turis dari mancanegara yang datang ke Indonesia, sekadar berwisata maupun menikmati aneka kuliner khas Tanah Air.

Hal inilah yang menjadi salah satu fokus Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam upayanya meningkatkan promosi wisata di Indonesia. Tak hanya memperhatikan tempat wisata yang menarik, Kemenpar juga ingin menghadirkan paket wisata yang lengkap untuk para wisatawan.

Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner, Vita Datau Messakh, menegaskan selain menikmati keindahan alam, Kemenpar juga ingin meningkatkan industri kuliner di tanah air. Salah satu contohnya adalah menyediakan spot di mana masyarakat lokal bisa menjual makanan khasnya.

“Kementerian Pariwisata bertujuan untuk menata daerah-daerah yang berpotensi melalui program bimbingan teknis sesuai yang ditetapkan. Saat ini wisata kuliner Makassar telah siap, Padang juga telah siap bahkan kemarin kami sudah sepakat untuk membuat kampung rendang. Sayangnya, masih belum cocok fisiknya sebagai sebuah destinasi,” tutur Vita, sebagaimana dihimpun Okezone, Kamis 24 Mei 2018.

Menurutnya potensi wisatawan kuliner yang datang ke Indonesia cukup banyak. Apalagi setelah melabeli nasi goreng, soto ayam, gado-gado, rendang dan sate ayam sebagai makanan asli Indonesia. Peluang tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia.

Melihat peluang tersebut, saat ini Kemenpar tengah berusaha melakukan bimbingan-bimbingan teknis untuk memperkenalkan semua tradisi,adat istiadat, makanan dan tempat-tempat menarik kepada para wisatawan.

Pengajaran tentang cara memasak (Cooking Class) makanan daerah, pengenalan sejarah (Story Telling) dan berbagai pengetahuan tentang adat dan budaya menjadi fokus Kemenpar saat ini.

“Bimbingan-bimbingan teknis dari Kementerian melalui tim percepatan untuk menjadikan destinasi tersebut murni sebagai destinasi wisata kuliner yang bisa memenuhi semua minat wisatawan kuliner, termasuk cara minat pengunjung untuk memasak (Cooking class) dan Story Telling mengenai keunikan daerah tersebut. Pokoknya tema kami adalah menyajikan paket wisata yang lengkap,” tuntasnya.

(hel)