Lezatnya Bakso Kurma Bisa Jadi Kulineran saat Ramadan
Monday, 07 May 2018
Lezatnya Bakso Kurma Bisa Jadi Kulineran saat Ramadan

BAGI sebagian besar orang, kurma merupakan buah yang identik dengan puasa Ramadhan dan menjadi salah satu santapan menu berbuka puasa. Tapi apa jadinya bila kurma yang biasanya disantap langsung ini diolah menjadi sebuah bakso?

Di Bojonegoro ada sebuah warung bakso bernama warung bakso Pita Pitu di kawasan Pasar Banjarejo, Bojonegoro, yang menawarkan sensasi buah kurma di dalam suguhan bakso. Eits, tapi jangan berpikir kurma itu utuh dimakan terpisah dengan bakso, yang ini kurmanya bercampur di dalam pentol yang dijamin menggoda lidah anda pecinta kuliner. 

Pemilik warung bakso Eva Embun mengaku membuat konsep bakso dengan campuran daging kurma di dalamnya didasari menjelang masuknya puasa Ramadan.

Ia telah mengkonsep bakso kurma ini sejak dua bulan, namun baru diperkenalkan ke konsumen sejak satu bulan belakangan ini.

"Orang kan biasanya berbuka puasa mencari menu yang manis - manis. Salah satunya buah kurma. Jadi kami ingin campurkan saja kurma dengan daging bakso yang unik," ujar Eva. 

Dirinya juga sengaja memberikan setiap porsinya sebanyak tiga pentol dengan tiga kurma. Hal ini disesuaikan dari sunah Rasul yang berbuka puasa dengan tiga buah kurma.

Selain karena keunikan yang ditawarkan, kandungan gizi buah kurma juga menjadi pertimbangan sehingga olahan kurma dipilih dimasukkan ke bakso.

"Kurma kan juga merupakan sunah Nabi, apalagi ini tiga kurma juga per porsinya. Jadi orang bisa berbuka puasa tanpa meninggalkan sunah, tapi di sisi lain ada kesegarannya dengan dikolaborasikan dengan bakso dan kuahnya," bebernya saat ditemui okezone.

Untuk membuat satu pentol kurma Eva memerlukan setidaknya satu buah kurma, sedangkan per porsinya terdapat tiga buah pentol dengan bahan 3 buah kurma. Jika setiap hari Minggu ia menyediakan 30 porsi buah kurma, maka dibutuhkan setidaknya 60 buah kurma per harinya.

Menu bakso kurma menjadi bagian dari warung bakso Pita Pitu menyambut bulan puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Selain menu bakso kurma, tersedia juga bakso ketupat yang terbuat dari ketupat.

Nah bagi anda yang ingin mencoba kedua bakso ini, sementara hanya tersedia pada hari Minggu dengan porsi yang dijual 30. Namun saat memasuki bulan Ramadhan menurut Eva akan disediakan setidaknya 50 porsi untuk masing - masing bakso yakni bakso kurma dan bakso ketupat.

"Karena ini menu andalan kita di bulan Ramadhan maka akan ada penambahan setengahnya. Kalau sebelum puasa hanya bisa dinikmati hari Minggu saja," terangnya.

Bagi anda yang ingin mencoba bakso kurma, tak perlu khawatir akan terserang 'kanker' alias kantong kering. Ya, karena harga bakso unik cukup bersahabat, cukup membayar Rp 12.000 per porsi saja anda sudah bisa merasakan kelezatannya.

So, kalau kalian di Bojonegoro dan bingung menyantap apa saat memasuki bulan Ramadhan nanti. Warung bakso dengan beragam bakso aneka rasa ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati kuliner bersama keluarga maupun orang - orang terdekat.

(rzy)/Okezone