Rencana Pembangunan Jalan Underpasss Pandaan - Malang Urai Kemacetan
Friday, 11 January 2019
Rencana Pembangunan Jalan Underpasss Pandaan - Malang Urai Kemacetan

MALANG - PT Jasamarga Pandaan Malang merencanakan pembangunan jalan underpass di Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, guna mengurai kemacetan lalu lintas (lalin) yang kerap terjadi di daerah tersebut.

 

Humas Jasamarga Pandaan Malang Agus Tri membenarkan kabar tersebut dan menyatakan pembangunan underpass tersebut sudah dimulai sejak Kamis kemarin.

 

"Sudah kemarin dimulai dengan penancapan tiang pertama," ujar Agus dihubungi Okezone, Jumat (11/1/2019).

 

Menurutnya, pilihan pembangunan underpass ini dipilih, setelah mempertimbangkan beberapa kajian tim. Dari hasil kajian tersebut pembangunan underpass dinilai lebih murah dan cepat dibandingkan dengan flyover.

 

Proyek underpass Karanglo sendiri ditaksir akan memakan biaya Rp80 miliar, sementara dari perhitungan Jasamarga Pandaan Malang, bila membuat flyover akan menghabiskan dana Rp250 miliar.

 

"Karena itu, dipilih underpass yang lebih murah. Dan pengerjaannya lebih cepat,’’ tambahnya.

 

Nantinya underpass akan dibangun di bawah Jalan Raya Singosari tepat di pintu keluar tol Pandaan-Malang di Karanglo.

 

Jalan underpass Karanglo akan dibangun sepanjang 343 meter. Bentang sisi utara (arah Malang) 152 meter, bentangan tengah (persis posisi terowongan) 38 meter. Dan bentang sisi selatan (arah Surabaya) 153 meter.

 

Pembangunan underpass terdiri dari 2 jalur dengan kapasitas 4 lajur. Setiap lajur lebarnya 3,5 meter. Nanti arus lalu lintas dari dan ke Malang bisa leluasa lewat underpassKaranglo.

 

Jadi bagi kendaraan yang dari keluar tol Pandaan-Malang ke Kota Batu maupun sebaliknya, langsung turun ke jalanunderpass tanpa harus menyeberangi jalan raya yang menghubungkan Malang dan Surabaya.

 

Diharapkan dengan pembangunan jalan underpass ini arus lalu lintas yang kerap kali mengalami kepadatan di Karanglo bisa terurai.

 

(dni)

Source : Okezone.com