Presiden Jokowi Pastikan Bulan Depan Harga Beras Mulai Turun
Thursday, 10 January 2019
Presiden Jokowi Pastikan Bulan Depan Harga Beras Mulai Turun

JAKARTA - Pemerintah memastikan harga beras di pasar mulai turun dengan adanya operasi pasar (OP) secara efektif.

 

Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat melakukan pengecekan stok beras di Gudang Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

 

"Sudah saya sampaikan, tren harga beras mulai turun, di mana sebentar lagi Februari dan Maret mulai masuk panen raya, ini akan memengaruhi suplai," ujarnya, Kamis (10/1/2019).

 

Dia juga memastikan, harga beras masih stabil dan melakukan keseimbangan antara harga produksi dengan pasar harus dijaga Bulog. Karena tidak bisa harga terlalu murah, sebab petaninya akan sulit.

 

"Jadi, memang stabilitas harga itu diperlukan, kalau kita mau harga turun drastis suplai aja ke pasar tapi harga petani rugi," tuturnya.

 

Dia menuturkan, stok beras ini lebih banyak dibandingkan 4 tahun yang lalu. Dan dirinya juga telah memastikan, manajemen stok kesiapan Bulog stok terjaga.

 

"Untuk swasembada, kalau enggak cukup ya harus ditutup impor produksinya. Kalau enggak harganya naik, ini fungsi Bulog," ungkapnya.

 

Pada acara tersebut, terlihat juga, Presiden Jokowi juga melepas stok beras untuk operasi pasar bersama Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Kepala Bulog, Budi Waseso (Buwas).

 

(dni)

Source : Okezone.com