Tips Pernikahan Sehat dan Bahagia
Monday, 24 September 2018
Tips Pernikahan Sehat dan Bahagia

Jakarta - Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan pernikahan yang harmonis, sehat dan bahagia. Nah, untuk menciptakan pernikahan yang harmonis, ada konsep 'great marriage', apa itu?

Deny Hen MM CLC, pendiri Pembelajar Hidup sekaligus life and marriage coach mengatakan, banyak sekali pasangan yang tidak mengalami apa yang disebut dengan great marriage. Menurut Deny, great marriage adalah pernikahan dengan visi bersama yang dapat dinikmati kedua pihak.

"Pernikahan yang bahagia, awet, intim, hot dan sekalipun sudah melewati masa cinta romantis, biasanya berakhir dalam 2 sampai 4 tahun saja," tutur Deny dalam Peluncuran dan Bincang Buku 'The Great Marriage' di Gramedia Central Park, Jakarta Barat, pada Sabtu (15/9/2018).

Deny Hen pun berbagi tips dan memberikan 6 terobosan untuk memperoleh great marriage dalam pernikahan, yang disingkat dengan MY Friend Romeo 3C yaitu Mindset, Friendship, Romance & Sex, Communication, Conflict Management, Commitment.

Pertama, Mindset; tentang pola pikir pasangan, bahwa menikah itu karena cinta. Pola pikir apa yang wajib dimiliki, apakah cinta itu dan tujuan pernikahan.

Kedua, Best Friend Forever; tentang bagaimana mengembangkan persahabatan dengan pasangan hidup, sebagai dasar dari pernikahan yang hebat. Dalam bagian ini, dibahas di antaranya tentang peta cinta dan 7 sarana persahabatan dengan pasangan.

Ketiga, Romance & Sex in Marriage; bagaimana mengembangkan romantisme dan meningkatkan gairah seksual demi kebahagian rumah tangga. Beragam terobosan diungkapkan untuk mengembangkan romansa dalam pernikahan.

Keempat, Communication yang menyenangkan; membahas mengenai skill komunikasi yang dibutuhkan untuk mempunyai pernikahan yang sehat, juga dibahas tentang teknik komunikasi pasangan.

Kelima, Conflict Management atau bertengkar karena cinta ; yaitu pertengkaran yang dilakukan memang karena cinta bukan kepahitan. Pembaca juga diajak mengali sumber konflik dan langkah bertengkar dengan cinta.

Keenam, Commitment yang tidak tergoyahkan; mempunyai komitmen yang kuat dan tidak tergoyahkan meski alami berbagai rintangan. Tingkat komitmen dan persepsi yang menghalangi komitmen tersebut, juga dibahas dalam buku "The Great Marriage". 

Penulis Deny Hen telah menangani konsultasi mengenai masalah love dan relationship selama 12 tahun.

Selain menempuh pendidikah khusus mengenai pernikahan dan keluarga, Deny juga telah mengantongi Certified Marriage Mentor dari Amerika Serikat, Certificate of Counseling Skills dari Counselling and Care Center Singapura, dan Lifespring Indonesia.

(RIZ)